Rabu, 19 September 2012

Pengaruh acara TV bagi Perkembangan psikologi anak

             Dijaman modern ini televisi sudah tidak lagi menjadi kebutuhan barang mewah, melainkian sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat senang melihat acara-acara yang ada di televisi. Tetapi tidak semua acara televisi baik untuk disaksikan oleh anak-anak. Ada beberapa acara televisi yang kurang baik dan dapat mempengaruhi perkembangan psikologi anak.
           Dalam menyaksikan acara televisi,diharapkan orang tua selalu mendampingi anaknya supaya orang tua bisa mengontrol acara apa saja yang boleh disaksikan oleh anak. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menghindarkan anak dari pengaruh buruk telivisi. 
Ada beberapa acar televisi yang menjadi kontroversial karena dianggap dapat merusak moral anak. Sebut saja salah satu contohnya acara televisi "smackdown" yang ditayangkan di stasiun TV swasta. Acara ini menjadi buah bibir ketika ada berita mengenai seorang anak yang menganiaya temannya. Anak itu mengaku belajar berkelahi dari acara TV "smackdown". 
         Jika anak dibiarkan menyaksikan acara-acara televisi yang kurang baik, maka perkembangan psikologinya akan terganggu. Pemikiran anak sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak akan mengikuti atau mencontoh aktivitas apapun yang dia lihat dan bahkan yang belum pernah dia lakukan. Anak selalu merasa ingin tahu akan hal-hal yang baru. jadi bagi para orang tua harus lebih berhati-hati lagi. jangan membiarkan anak menyaksikan acara televisi yang tidak ada manfaatnya supaya anak dapat berkembang dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar