Rabu, 19 September 2012

Masa Pubertas pada Remaja


           Masa pubertas adalah masa yang paling penting dalam perkembangan manusia. Karena di masa ini manusia sedang mengalami proses pencarian jati dirinya. Masa pubertas ini akan dialami oleh remaja laki-laki dan perempuan diusia 13 hingga 18 tahun.  Banyak sekali perubahan-perubahan baik perubahan fisik maupun psikologi yang terjadi pada remaja saat masa pubertas.

            Perubahan-perubahannya yang terjadi secara fisik pada remaja laki-laki adalah mulai tumbuh kumis, suara mulai membesar, tumbuh jakun, mengalami mimpi basah, dll. Sedangkan bagi remaja wanita adalah payudara akan mulai membesar, tumbuh rambut di ketiak, pinggulnya mulai berbentuk, mulai mengalami menstruasi, dll. Perubahan-perubahan secara psikologis biasanya terjadi pada hormon, hormon estrogen dan progesteron pada wanita serta hormon testosteron pada laki-laki.

            Pada masa pubertas ini mulai tertarik pada lawan jenis. Masa ini memang masa dimana seorang remaja mulai matang secara fisik, nalar, dan kejiwaan. Mereka lebih banyak menggunakan emosi mereka. sehingga perasaan remaja pada masa pubertas ini masih sangatlah labil. Hal itu menyebabkan para remaja mudah sekali terpengaruh pada hal-hal yang tidak baik akibat dari pergaulan yang salah

             Agar para remaja tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif, peran orang tua sangatlah penting. Orang tua harus selalu mendampingi anak remaja mereka saat menjalani masa pubertas. Dengan begitu perkembangan mereka dapat diawasi sehingga proses menuju masa dewasa akan berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar