Selasa, 18 September 2012

Kecerdasan emosi dalam diri anak


             Pengertian kecerdasan emosi adalah kemampuan dalam mengenali dan mengontrol emosi, agar anak dapat merespon secara positif setiap keadaan yang dapat meningkatkan emosi mereka. Tingkat emosi pada anak sangatlah labil. Jika emosi tidak diolah maka anak akan sulit bersosialisasi dan cenderung menjadi anak yang pemarah. Sehingga untuk menghindarinya anak harus diajarkan keterampilan emosi dan sosial sejak dini.
            Dengan mengajari anak-anak keterampilan emosi dan sosial, mereka akan lebih mampu mengatasi masalah yang muncul selama proses menuju tahap kedewasaan. Selain itu keterampilan emosi dan sosial yang dimiliki anak dapat digunakan dalam mengatasi tantangan-tantangan emosional di era modern ini.
            Untuk meningkatkan kecerdasan emosi pada anak, para orang tua dan pendidik harus memberikan rangsangan-rangsangan agar anak dapat lebih mudah mempelajari keterampilan-keterampilan emosi dan sosial mereka. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh orang tua yaitu jangan terlalu melindungi anak, biarkan anak merasakan rasa kecewa, mendukung anak mengatasi masalah, tidak terlalu cepat membantu, dan menetapkan aturan-aturan yang tegas. Dengan adanya perhatian orang tua yang baik tentang perkembangan emosional anaknya, pasti anak akan lebih cepat memahami serta mengendalikan emosinya dan akan menjadi pribadi yang disenangi oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar